Rabu, 18 Februari 2015

Durian bakar bandung yang nikmat

Durian bakar bandung yang nikmat - Bila umumnya durian di proses jadi es cream durian, es cendol durian, sup buah campur durian, kesempatan ini durian di proses jadi jajanan yang disantap pada suhu hangat. Jadilah durian bakar.

Dlm penyajiannya, durian bakar tak tampak solo. Diatas piring anyaman bambu serta beralaskan kertas makanan, buah yang telah “dibakar” ini di sajikan berbarengan ketan hitam kukus serta serutan daging buah kelapa muda.

Mereka lalu dilengkapi guyuran saus gula merah serta susu kental manis. Dibagian teratas di beri pecahanan kacang tanah goreng serta potongan tidak tebal buah kiwi.

Sajian yang terbagi dalam bnyk bahan makanan ini bikin rasa durian bakar jadi ramai. Rasa khas memanglah datang dari durian. Rasa gurih datang dr ketan hitam, serutan kelapa muda, serta kacang tanah. Rasa manis nampak dr saus gula merah serta susu kental manis.

Sesaat, potongan tidak tebal buah kiwi bikin lidah bersentuhan dgn rasa asam. “Durian bakar ini nikmatnya dikonsumsi panas-panas, ” papar Diana Handayani, supervisor Duren Bakar Asoy punya Sonny Mulyadi, serta Sonya Selyana.

Untuk nikmati sajian durian bakar yang ramai rasa ini, konsumen butuh mempersiapkan duit Rp 25. 000 untuk satu jumlah durian bakar memiliki bahan durian lokal. Bila ingin nikmati yang memiliki bahan durian monthong konsumen butuh mempersiapkan lembaran rupiah sejumlah Rp 30. 000 per jumlah.

Durian lokal yang dipakai dihadirkan dr bnyk tempat, seperi Bandung serta sekitarnya, Medan, dan Lampung. Dlm satu hari Duren Bakar Asoy memperoleh pasokan 40 buah durian lokal dr seseorang penyuplai. Sedang durian montong dibeli dr toko buah moderen.

Untuk memproses durian jadi sajian durian bakar memanglah tak terlampau sulit. Awal mula buah durian dikeluarkan dr cangkangnya. Buah itu lalu dibungkus lembaran alumunium untuk satu jumlah serta dipanaskan didalam oven.

Satu bungkus di isi 1 – 4 butir durian, bergantung ukuran butiran buah durian. Durian yang dipakai yaitu durian lokal atau durian montong atau durian medan yang biasa dipakai untuk pancake durian. “Kalau durian monthong umumnya diisi satu butir, bila durian lokal dapat hingga empat butir, ” terang Diana.

Langkah “membakar” durian seperti ini adalah modifikasi langkah pembakaran yang dikerjakan pada awal mulanya. Awal mulanya sistem pembakaran durian dikerjakan lewat cara memanggang durian utuh yang dibungkus lembaran aluminium.


Sistem pembakaran yang dikerjakan bikin durian yang sudah dibakar mempunyai aroma khas durian yang tidak terlampau menyengat. Malah rasa manisnya yang menonjol. Struktur buahnya juga jadi lebih lembut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar