Selasa, 17 Maret 2015

Tips memilih deterjen dan mencuci dengan benar dan aman

Tips memilih deterjen dan mencuci dengan benar dan aman - Biasanya orang membersihkan baju dengan pertolongan air juga sebagai media pembersih. Tetapi nyatanya air memiliki tegangan permukaan yang membuatnya susah menembus serta membasahi serat baju. Hingga terkecuali memakai media air, orang memakai pertolongan beberapa zat pembersih (seperti buah klerek) serta ditambah aksi mengucek atau membanting baju tersebut di air. Bersamaan dengan perkembangan zaman, ada penemuan sabun juga sebagai pengganti buah klerek sampai penemuan deterjen juga sebagai pengganti sabun.baca parfum laundry

Komposisi Deterjen
Surfaktan, zat aktif permukaan yang berperan untuk turunkan tegangan permukaan air hingga bisa melepas kotoran yang melekat pada permukaan baju. 
Builder, zat pembentuk yang berperan untuk tingkatkan efisiensi surfaktan untuk membersihkan lewat cara menonaktifkan mineral pemicu kesadahan air.
Filler, zat pengisi yang disebut bahan penambahan deterjen yg tidak memiliki kekuatan tingkatkan daya bersihkan namun menaikkan jumlah/berat/volume.
Aditif, bahan penambahan deterjen untuk bikin product lebih menarik, umpamanya : pewangi, pelarut, pemutih, dan sebagainya yg tidak terkait segera dengan daya bersihkan deterjen.

Type Pembersih serta Sifat-Sifatnya

Di bawah ini yaitu sebagian type sabun/deterjen serta sifat-sifatnya :

a. Sabun Batangan
Penggunaannya susah, lantaran ketika membersihkan sabun segera kontak dengan tangan serta baju.
Lantaran sifatnya yang sangatlah alkali (basa kuat) mengakibatkan tangan gampang teriritasi serta warna baju cepat luntur.
b. Deterjen Colek/Pasta
Memiliki kandungan banyak filler serta air, hingga daya cucinya lebih rendah dari pada deterjen serbuk.
c. Deterjen Cair
Tak memiliki kandungan filler namun kandungan airnya tinggi, hingga daya cucinya lebih rendah dari pada deterjen serbuk yang tanpa ada filler.
d. Deterjen Serbuk
Gampang dalam ditakar, dipakai, serta disimpan.
Konsentrasinya lebih tinggi dari pada deterjen colek serta cair.
Ada yang memiliki kandungan filler atau tanpa ada filler.


Cara Membersihkan serta Kelemahannya

a. Membersihkan dengan air
Disikat, bisa merusakkan serat kain serta aksesories baju.
Dikucek/dipuntir, bisa merenggangkan serat kain.
Dibanting perlahan-lahan, baju awet lantaran tak mengakibatkan kerusakan serat kain, tetapi memerlukan saat lama untuk membersihkan.
Membersihkan dengan mesin, kecepatan mesti sesuai dengan type baju lantaran mesin pencuci bisa mengakibatkan kerusakan baju. Umpamanya BH yang berkawat, kawatnya dapat bengkok. Kelebihan mesin pencuci yaitu irit tenaga.
Membersihkan sendiri/rendam, cara membersihkan yang pandai, baju lebih awet namun masih tetap bersih. Mesti memakai deterjen yang 100% murni, hingga cukup hanya sedikit dikucek kotoran gampang terlepas.
b. Membersihkan tanpa ada air (dry clean, dengan minyak atau bahan kimia)
Bersih, tetapi tak seluruhnya bahan dapat dicuci dengan langkah tersebut, serta pastinya biayanya lebih mahal dari pada membersihkan dengan air.

Menjemur
Pakai hanger supaya lebih rapi serta menghemat tempat. Pastikan hanger yang ujungnya tak tajam hingga tak mengakibatkan kerusakan baju (menusuk) terlebih untuk baju yang berat.
Janganlah segera terserang matahari (terlebih di iklim Indonesia) lantaran cahaya matahari bisa memudarkan warna. Cukup diangin-anginkan saja, namun pikirkan apabila memakai deterjen non-konsentrat, yang memiliki kandungan filler, bisa mengakibatkan baju berbau (apek).

Menyetrika

a. Setrika tanpa ada uap
Setel suhu sesuai sama type kain.
Setrika type ini tak dapat dipakai untuk baju yang sensitif pada suhu tinggi, lantaran : dapat menyebabkan sisa, serat kain bisa molor serta akan tidak kembali lagi, apabila baju tak betul-betul bersih, bisa bikin noda jadi permanen.
b. Setrika uap
Nyaris seluruhnya type baju bisa disetrika uap terkecuali baju yg tidak bisa terserang air.

Untuk memakai setrika ini butuh latihan, tetapi apabila telah memiliki pengalaman bakal sangatlah mengasyikkan. Panduan : tambah baik apabila ketel berisi air suling supaya tak muncul kerak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar